Jumat, 26 Februari 2010

Telecenter Kartini Mandiri

Kata pengantar

Puji syukur kehadirat Allah Swt yang telah memberikan kita taufik , nikmat serta hidayahnya yang selalu memberikan kami pertolongan disaat kami membutuhkan. Kami ucapan banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada World Bank Dan Puskowanjati juga semua pihak yang telah membantu kami dalam pendirian ”telecenter kartini mandiri”.dan semoga dibukanya telecenter ini dapat bermanfaat dan membantu masyarakat. Dalam mengenal dunia IT. Guna menambah sumber daya manusia yang lebih maju dan berwawasan.sekian awalan dari kami dan apa yang kita paparkan di dalam situs yang telah kami buat,bisa dimengerti.

Telecenter Kartini Mandiri


Telecenter merupakan fasilitas bagi masyarakat sebagai tempat berinteraksi dengan dunia luar yang sangat luas, belajar, bekerja serta hiburan. Dimana dalam telecenter ini mereka bisa memanfaatkan computer, internet dan berbagai Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kata Telecenter sendiri terdiri dari dua kata, yaitu tele yang mempunyai arti media ianformasi komunikasi. Sedangkan kata center yang berarti pusat, jadi telecenter merupakan istilah singkat dari “Pusat Pemberdayaan Masyarakat Multifungsi Berbasis Telecenter” (Multipurpose Community Development Telecenter / MCDT). Di telecenter masyarakat dapat mengakses informasi dan berkomunikasi dengan sarana yang tersedia, melek internet dan berbagai teknologi yang sudah menjadi hal biasa untuk mengakses informasi di perkotaan. Serta diharapkan pula dapat mendukung masyarakat dalam pengelolaan usahanya.

Solusi penanganan masalah minimnya fasilitas TIK dan pendidikan yang didapat maka segera direalisasikan seperti: computer dan sambungan internet. Dikota Batu sendiri telah ada sarana sambungan internet bagi masyarakat, yaitu Telecenter Kartini Mandiri.

Pengurus Telecenter Kartini Mandiri


Area Pengunjung


MAKSUD DAN TUJUAN TELECENTER

Pendirian telecenter di kota Batu yang tepatnya di Desa Giripurno kecamatan Bumiaji, memiliki maksud dan tujuan sebagai berikut :

a) Tujuan Umum

Mengembangkan dan memperbaiki akses masyarakat desa dalam mengakses pengetahuan dan informasi yang diperlukan untuk meningkatkan kehidupan masyarakat.

b) Tujuan Khusus

• Menguarangi kesenjangan informasi kepada masyarakat pedesaan, karena kesenjangan informasi adalah sebab dan akibat dari kesenjangan lainnya, sebagai contoh kesenjangan social.

• Mengentaskan kemiskinan dengan basis TIK (Teknologo Informasi dan Komunuikasi) agar masyarakat pedeasaan dapat mengakses dan memanfaatkan internet sebagai sarana komunikasi, informasi dan pengetahuan dalam mendukung program pembangunan, pelayanan social serta kegiatan ekonomi pembangunan.

• Menyelenggarakan program-program pemberdayaan melalui strategi pendekatan komunikasi terkait dengan upaya mengurangi kemiskinan dan gagap teknologi.

TARGET DAN SASARAN TELECENTER

Dengan program telecenter ini, diharapkan masyarakat pedesaan baik generasi tua maupun muda dan anak-anak sekolah menjadi melek internet dan berbagai teknologi yang sudah menjadi hal biasa untuk mengakses informasi seperti di perkotaan. Serta diharapkan pula dapat mendukung masyarakat dalam pengelolaan usahanya.

0 komentar:

Posting Komentar